Semua orang di rumah itu penyuka donat, itulah yang men-trigger saya untuk mengeksekusi resep donat kentang NCC ini dari Ibu Fatmah Bahalwan. Siapa sih yang ga tau Ibu Fatmah ini, apalagi sama resep-resepnya yang udah ga perlu diragukan lagi deh. udah pasti rasanya enak dan udah banyak juga dipakai sama bakul-bakul kue untuk jualan. Jadi ga perlu resah dan gelisah kalau nyoba resep dari NCC, dijamin anti gagal, hehe.

Baca juga: Resep Donat Gula

Setelah sekian lama mau bikin donat kentang maju mundur, akhirnya nyobain juga iniii dan ga nyesel sama sekaliii. Resep donat kentang ini recook dari resep donat kentang NCC dari ibu Fatmah Bahalwan yang tentunya resepnya udah melanglangbuana dan ga perlu diragukan lagi. Super enaaakk dan empuuuk. Untuk rasa ga jauh beda dengan resep donat yang udah pernah saya share sebelumnya, tapi secara tekstur ini lebih solid tapi tetep empuk. Jadi, untuk dibentuk-bentuk gitu bisa lebih cantik hasilnya, hehe.

Karena serumah hobi banget makan donat, tiap bikin donat ga bisa deh kalo cuma seiprit. Bisa jadi rebutan dan yang bikin diamuk masa, hahaha. Minimal yaa 500gr tepung ini, hasil donatnya kira-kira sekitar 27-28 buah dengan berat donat masing-masing 40gr. Kalau mau dibuat lebih besar atau lebih kecil monggo yaa, bisa disesuaikan. kalau mau agak besar bisa dibuat jadi 50-60gr atau kalau mau dibikin mini bisa dengan 30gr.

Bahan

  • 500gr tepung protein tinggi
  • 50gr susu bubuk
  • 11gr ragi instan
  • 200gr kentang kukus, haluskan dan biarkan dingin
  • 100gr gula kastor/gula halus
  • 75gr margarine
  • ¼ sdt garam
  • 4 kuning telur
  • 100ml air es
  • Topping (optional): gula donat, meses, keju, selai, dll

Cara membuat

  1. Masukkan tepung, gula, susu bubuk, ragi dalam mixer, aduk sebentar. Kemudian tambahkan kentang yang sudah dihaluskan dan kuning telur. Mixer dengan speed rendah sambil menuang air es sedikit demi sedikit. Uleni hingga setengah kalis
  2. Tambahkan margarine dan garam, uleni kembali hingga kalis. Bulatkan adonan, letakkan pada wadah dan tutup dengan kain lap, lalu istirahatkan 20-30 menit (sampai mengembang)
  3. Kempiskan adonan, bagi menjadi beberapa bagian masing-masing @40gr. Bulatkan kembali, pipihkan dengan rolling pin dan buat bulatan di tengan dengan pembolong donat atau spuit bulat. Kemudian istirahatkan kembali 15-20 menit.
  4. Goreng donat dengan api sedang hingga matang dan berwarna coklat keemasan (pastikan minyak untuk menggoreng donat sudah panas). Gunakan sumpit untuk memutar-mutar donat saat menggoreng, fungsinya adalah agar lubang donat menjadi lebih besar dan bentuknya tetap terjaga
  5. Sajikan donat dengan taburan gula donat atau topping sesuai selera