Ga berasa sebentar lagi udah mau masuk bulan puasa, jadi menu-menu yang muncul di kepala berhubungan sama Ramadhan, seperti resep kolak labu ini. Dan Insha Allah Ramadhan kali ini akan jadi tahun kedua kita puasa dengan kondisi yang berbeda dari biasanya karena si virus koronce masih betah mondar-mandir. Tapi semoga dengan situasi ini tidak merubah khidmat dan nikmat puasa kita yaa. Aamiin..

Baca juga: Resep Kolak Pisang Ubi

Selalu berasa exciting setiap meyambut Ramadhan, ada kaya feeling yang ga bisa dijelasin gitu yaa, kaya bener-bener ditunggu. Ini belum mulai puasa tapi udah nyolong start bikin kolak. Kalau ini kolak resepnya ibu, pure isinya labu kuning aja tanpa pisang. Gulanya juga pakai gula putih, ga pakai gula merah seperti kolak kebanyakan. Memang kalo di rumah, dari dulu ibu kalau bikin kolak apapun pasti pure pakai gula putih. Makanya saya jadi kurang doyan sama kolak orang lain atau kolak beli yang semuanya pakai gula merah.

Kalo aku sih suka banget resep kolak labu ini, rasanya bener-bener pure dari labu aja. Kalau dipakein pisang, nanti rasa labunya jadi kalah. Tapi misal yang suka pakai pisang ga papaa, sesuai selera aja yaa. Ditambah kolang kaling juga enaaakk. Biasanya saya kalo nambahin kolang kaling aja, karena kolang kaling kan ga ada rasa yang strong, jadi rasa pure labunya tetep berasa, hehe. Kolak labu ini memiliki cita rasa yang berbeda dari kolak kebanyakan, hehe..

Bahan

  • ΒΌ buah labu kuning (sekitar 500 gr), potong-potong
  • 1,5 liter air
  • 1 lembar daun pandan, ikat simpul
  • 200 gr gula pasir (sesuaikan selera, bisa juga menggunakan gula merah)
  • 65 ml santan kental instan
  • Sedikit garam

Cara membuat

  1. Rebus air, masukkan labu serta daun pandan. Masak hingga labu empuk (labu cepat matang, tidak sampai 10 menit sudah empuk)
  2. Tambahkan gula pasir, santan dan garam, aduk rata
  3. Jika rasa sudah pas dan labu sudah empuk, matikan api dan sajikan