Saat weekend biasanya harus siap sedia cemilan untuk pagi-pagi dan karena weekend biasanya waktu leyeh-leyeh jadi buatnya yang simple-simple aja kaya resep pisang bakar teflon ini. Kalau weekend, di rumah saya biasanya sarapannya pake cemilan-cemilan kecil dulu, salah satu menu favoritnya ya pisang bakar teflon ini. Apalagi pak suami, ini sih menu favoritnya dia, kalau udah lama ga bikin ini biasanya suka nagih. Hehe. Dan kapanpun kalau disuguhin ini pasti ga akan nolak, hahaha.

Biasanya saya pakai pisang kepok atau pisang raja. Pisang kepok kesukaan suami karena bentuknya lebih solid dan ga gampang benyek, berbeda sama saya yang malah sukanya pisang raja yang kalo dibakar bisa keluar gulanya jadi caramelize gitu . Jadi, balik lagi ke selera masing-masing yaa sesuaikan mau pakai pisang apa jangan terlalu terpaku pada resep. Kreasikan sesuai selera dan ciptakan resep pisang bakar teflon versimu. Hehe. Kalau mau lebih manis dan empuk gunakan pisang raja, kalau mau teksturnya lebih padat dan ada sensasi kecut sedikit bisa pakai kepok. Tapi pilih pisang kepok kuning yaa, karena pisang kepok jenis ini yang paling enak rasanya.

Baca juga: Resep Roti Bakar Teflon

Untuk toppingnya juga boleh sesuak hati ya, favorit suami nutella + keju, kalo favorit saya susu kental manis + keju. Duh, apa kabar timbangan ya ;p Lain lagi kalau ibu saya, sukanya cuma polosan aja ga dikasih topping apa-apa karena pisangnya udah manis katanya. Dan kalau buat suami, dia lebih suka pisangnya dibiarkan utuh ga dipenyet dulu gitu, tapi kalau ibu saya sukanya pisangnya dipenyet dulu. Jadi kalau lagi bikin pisang bakar teflon ini saya bikin berbagai versi karena sukanya beda-beda semua. Hahaha

Bahan

  • Pisang kepok yang sudah matang (jenis pisang bisa disesuaikan dengan selera, bisa diganti pisang raja atau sesuai selera), kupas kulitnya
  • Keju
  • Selai Nutella (bisa diganti meses, Ovomaltine, atau selai yang lain)
  • Susu kental manis putih
  • Margarine atau butter untuk memanggang

Cara membuat

  1. Panaskan margarine di teflon, lalu letakkan pisang di atasnya. Masak dengan api kecil agar pisang matang sempurna dan tidak cepat gosong (kalau saya masak pisangnya ga dipenyet jadi dibirakan utuh sesuai request suami, kalau mau dipenyet monggo yaa, pisangnya memang lebih matang kalau dipenyet, hehe)
  2. Setelah pisang matang, beri topping sesuai selera. Saya menggunakan selai nutella dan ditabur keju di atasnya
Foto: Iwan Andryanto