Ga berasa beberapa hari lagi kita sudah memasuki bulan Ramadhan yang biasanya mengingatkan kita pada menu-menu khas terutama yang menggunakan kolang kaling dan ternyata ada tips menyimpan kolang kaling agar tahan lama lho. Kalo lagi bulan puasa, si putih satu ini pasti ga ketinggalan dibeli kalo lagi ke pasar. Karena saya cuma ke pasar 1 minggu sekali, saya harus cari cara supaya gimana caranya si belanjaan yang hanya 1 minggu sekali ini bisa memenuhi kebutuhan 1 minggu. Hehe

Nah, saya mau share cara menyimpan kolang kaling, karena biasanya kalo ditaro kulkas begitu aja suka berbau kecut gitu yaa kolang kalingnya. Ini dapet ilmu dari ibu tercinta. Berikut caranya yaa.

Tips menyimpan kolang kaling

  1. Cuci bersih kolang kaling
  2. Rebus bersama daun pandan selama ± 10menit, lalu tiriskan
  3. Setelah dingin, bagi kolang kaling sesuai kebutuhan dan masukkan ke dalam plastik atau wadah kedap udara
  4. Simpan di dalam freezer (bisa tahan 1-2 bulan)

Ini saya beli kolang kaling 1/2kg saya bagi 3, buat masak kolak atau tambahan bikin es buah untuk buka puasa. Selain itu, masih banyak menu-menu lain yang bisa kita buat dari kolang kaling ini lho. Misalnya, manisan kolang kaling, puding kolang kaling atau untuk campuran minuman dingin lainnya.

Kebetulan saya dapat kolang kalingnya super bagus, putih bersih masih baru. Saya beli di tukang sayur langganan yang memang sayur-sayurnya bagus jadi ga pernah mengecewakan, hehe. Kalau kamu lagi kedapetan kolang kaling yang kurang bagus (udh berbau agak kecut), jangan khawatir. Lakukan cara yang sama tapi rebusnya diulang 2 atau 3x sampai si bau kecut ini hilang.

Sekarang kalau mau bikin takjil untuk buka puasa jadi ga repot-repot lagi. Mungkin berasa peer di awal, tapi sangat membantu sebenernya. Biasanya kalau udah mau bukan kita suka udah heboh dan ribet siapin ini itu, jadi lumayan terbantu karena beberapa bahan makanan sudah disiapkan terlebih dahulu. Semoga tips menyimpan kolang kaling ini bermanfaat yaa 🙂