Hepiii sekaliiii dengan resep tempe goreng kriuk ini. Jadi ceritanya bulan puasa kemarin pengeeen banget makan tempe goreng tapi yang kaya di abang-abang gorengan. Yang irisan tempenya tipis dan teksturnya kriuk banget gitu rasanya. Kadang kalo bikin sendiri entah mengapa tepungnya ga sekriuk abang-abang. Tapi secara masih dalam masa PSBB dan virus corona nya masih aja betah wira-wiri jadi ga bisa jajan takjil di abang-abang deh.

Baca juga: Resep Tahu Goreng Repung Praktis

Saking pengennya, cari-cari tau resep adonan tepung yang bikin kriuk. Browsing-browsing, katanya adonan ditambah tepung beras supaya kriuk. Tapi saya selalu kurang pas dengan campuran itu karena kriuknya keras menurut saya. Setiap nyoba bikin gorengan dengan campuran tepung beras pasti jatohnya tuh keras. Sedangkan saya maunya crunchy tapi bukan yang bikin gigi sakit pas ngunyah, hahaha. Pokoknya belum sreg lah yaa intinya. Jadilah pencarian resep ini terus berlanjut sampe nemu formula yang pas di lidah.

Terus lupa pernah liat dimana ada yang pakai maizena, yauda deh saya iseng aja campur-campur tepungnya dan jadilah resep tempe goreng kriuk ini. Eh hepi sekaliii sama rasanya, miriiip kaya di abang-abang. Motong tempenya juga harus yang tipis banget yaa, lebih tipis dari mendoan. Kalau bisa kita iris sendiri jadi bisa sesuai selera deh tuh mau setipis apa. Dijamin akan kriuukk, enak banget dimakan pas abis digoreng pake cabe rawit ijo dan teh anget. Alhamdulillaah, nikmat

Bahan

  • 1 papan tempe, iris tipis
  • 3 sdm tepung bumbu (saya pakai tepung bumbu Kobe ayam crispy)
  • 1 sdm maizena
  • 1 sdm tepung beras
  • 1 sdt kaldu jamur/kaldu bubuk
  • ¼ sdt merica
  • Air secukupnya

Cara membuat

  1. Campur semua bahan kecuali tempe dan air jadi satu. Tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga semua tepung larut dan  teksturnya pas (adonan jangan terlalu kental)
  2. Celupken tempe ke dalam larutan tepung dan goreng hingga matang kecoklatan
  3. Sajikan dengan cabe rawit hijau