Sering liat kan kue ini dijual di mall, sekarang saya share yaa resep portuguese egg tart yang mudah ini. Kenapa mudah? Karena kulit pastry nya beli yang siap pakai. Jadi kita tinggal campur bahannya, aduk-aduk, tuang, terusa panggang deh. Hahaha. Dan rasanya dijamin ga kalah sama yang kita sering beli di mall. Ga percaya? Harus cobain bikin kalo gituu ;p

Awalnya saya ditodong suami yang minta dibuatin kue kesukaannya ini. Sekali makan ga cukup satu deh pokoknya, kebanyang doong kalo beli melulu bisa bangkrut. Hahaha. Akhirnya memberanikan diri dong coba-coba bikin.

Awalnya gagal, fillingnya ga sukses. Teksturnya ga lembut, malah jadi kaya egg muffin. Terus coba lagi tapi fillingnya kemanisan. Akhirnya berhasil menemukan formula yang satu ini. Mungkin resep portuguese egg tart yang beredar hampir sama yaa formulanya. Cuma takaran resep ini yang paling pas di lidah saya, dan yang terpenting manisnya juga pas.

Baca juga: Resep Quiche Lorraine

Foto: Iwan Andryanto

Untuk lembaran pastry saya masih lebih memilih untuk beli jadi. Saya belum setelaten itu untuk bikin from scracth, bisa keteter peer rumah yang lain nanti. Belum lagi mengumpulkan mood-nya, bisa seharian sendiri ituu. Hahaha. Jangan ditiru yaa si pemalas ini, kalo ada yang bisa bikin kulit pastry nya sendiri oke bangeett. Tapi kalau yang mau beli jadi, saya biasa pakai merk edo atau stella yaa. Sebenarnya merk lain atau beli dr toko roti yang industri rumahan juga ga masalah, tapi 2 merk tadi yang paling cocok sama saya. Tidak ada rasa ngendal mentega di langit-langit, biasanya suka ada yang berefek seperti itu soalnya.

Foto: Iwan Andryanto

Bahan

  • Kulit pastry siap pakai
  • 60 ml heavy cream
  • 100 gr gula pasir
  • 260 ml susu cair
  • 1 sdm maizena
  • 2 kuning telur
  • 1 sdt vanilla essence

Cara membuat

  1. Potong pastry siap pakai dengan menggunakan ring cutter sesuai dengan ukuran cetakan yang kita pakai (bisa menggunakan cup alumiunium foil atau loyang cupcake), sisihkan
  2. Campur heavy cream, gula pasir, susu cair, maizena dan kuning telur
  3. Masak di api sedang sampai teksturnya agak mengental, matikan api
  4. Dinginkan adonan filling dengan merendam di dalam baskom berisi air
  5. Tambahkan vanilla essence, aduk rata
  6. Tuang filling ke dalam pastry sampai memenuhi ¾ nya
  7. Oven denga  suhu ± 200 C atau hingga matang kecoklatan (jangan lupa panaskan oven dulu sebelum memanggang). Dengan oven kompor saya panggang sekitar 1 jam, waktu panggan silakan disesuaikan dengan karakter oven masing-masing ya.
Foto: Iwan Andryanto