Ini menu favorit suami saya. Dulu pas pertama bikin deg-degan banget sama hasil rasanya gimana, Alhamdulillah enaaakk kata suami, paling suka kurang asin aja. Hehe.. Dulu tuh masakan saya ya cuma itu-itu aja. Oseng-oseng simple bumbu minimalis, lebih kaya Chinese food gitu. Kemudian menikah, dan sang suami bosen disuguhi brokoli terus. Hahahaha. Akhirnya beraniin deh masak-masak masakan segala rupa. Setelah bertapa liat resep sana sini berakhirlah dengan resep ini. Ikan Pepes ini bisa jadi stock frozen food juga lhoo, saya pernah coba 1 bulan aman di freezer dengan wadah bersih yang rapat. Baiknya memang jangan terlalu lama karena kan tanpa pengawet dan nanti kenikmatan si ikan akan berkurang. Bisa jadi salah satu menu untuk sahur juga lho! Bikinnya bisa saat mendekati puasa seperti ini, terus simpen deh di freezer. Waktu sahur tinggal kita bakar aja di pan, praktis.

Bahan

  • 1 kg ikan mas (saya pilih ukuran yang tidak besar, 1 kg isi 6 atau 7 ekor)
  • 2 jeruk nipis
  • Daun pisang untuk membungkus pepes
  • 14 lembar daun salam
  • 14 lembar daun jeruk
  • 4 ikat kemangi, petik daunnya
  • 14 butir cabai rawit merah, belah menjadi dua bagian
  • Lidi untuk menyemat

Bahan I (dihaluskan)

  • 3 ruas jari kunyit
  • 3 batang serai, ambil bagian putihnya saja
  • 3 ruas jahe
  • 3 ruas lengkuas
  • 10 siung bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • 80 gram cabai merah keriting (ata sesuaikan dengan selera pedas masing-masing)
  • 5 butir cabai rawit merah
  • 1 sendok makan ketumbar bubuk
  • 8 butir kemiri, sangrai  
  • 1 sdt kaldu jamur
  • 1 sdm garam (atau sesuai selera)
  • 2 sdm gula merah sisir

Bahan II

  • 4 buah cabai merah besar, buang bijinya, rajang melintang halus
  • 2 batang daun bawang, rajang kasar
  • 5 buah belimbing wuluh, iris miring setebal 1 cm
  • 1 buah tomat merah, rajang tipis

Cara membuat

  1. Bersihkan ikan sampai bersih, jangan sampai ada darah yang masih menempel agar tidak menimbulkan bau amis
  2. Kerat tiap sisi ikan, lalu lumuri ikan dengan garam dan perasan air jeruk nipis. Diamkan 15-30menit. Lalu cuci dan bilas hingga bersih
  3. Haluskan Bahan I (saya menggunakan blender atau food processor hingga halus). Untuk mempermudah proses ini, semua bahan bisa dipotong-potong terlebih dahulu
  4. Pindahkan bumbu halus ke dalam wadah besar, tambahkan bahan II dan aduk rata
  5. Siapkan daun pisang, layukan daun terlebih dahulu agar mudah digunakan dengan mengukus sebentar di dandang. Lalu bersihkan daun dengan mengelap permukaan daun. Gunting sedikit bagian pangkal daun yang melekat di bagian pelepah (karena ini keras) agar mudah saat melipat pepes
  6. Tata beberapa tumpuk daun pisang yang kira-kira pas untuk membungkus ikan. Tata 2 lembar salam, daun jeruk, setumpuk daun kemangi, 2 butir cabe rawit, dan 1 sdk sayur bumbu pepes, ratakan di permukaan daun. Letakkan ikan di atasnya, masukkan sebagian bumbu dan daun kemangi ke dalam perut ikan. Lalu beri 1 sdk sayur bumbu di atas permukaan ikan, lumuri hingga seluruh bagian ikan terkena bumbu. Bungkus ikan dan sematkan kedua ujung daun pisang dengan lidi. Lakukan hal yang sama untuk semua ikan
  7. Kukus selama 20 menit hingga matang
  8. Jika ingin langsung disajikan, bisa langsung membakar pepes di atas pan, untuk mendapatkan aroma ikan pepes yang semakin gurih.
  9. Jika ingin disimpan, setelah dingin, masukkan ke dalam plastik dan simpan di dalam freezer
  10. Jika ingin dimakan, keluarkan pepes dan biarkan hingga mencapai suhu ruang. Lalu hangatkan dengan membakar pepes di atas pan