Udah lama banget pengen bikin resep nasi daun jeruk yang berempah ini, kayanya kebayang enak banget makan nasi pulen berempah dan wangi daun jeruk. Berbekal kesotoy-an dan cari resep sana sini, akhirnya bikin deh versi sendiri. Sok-sokan ngeramu sendiri, untung enaakk. Hahaha.

Baca juga: Resep Nasi Liwet

Mirip-mirip sama nasi uduk sebenarnya, tapi aromanya yang bikin beda, wangiiii banget. Jujur kalau disuruh pilih, saya lebih pilih nasi daun jeruk ini ketimbang nasi uduk. Karena wanginya itu lhoo, bikin nafsu makan aja gitu kayanya. Terus makannya pake tangan, ya Allah tambah nikmat pastinya.

Masak nasinya jangan sampai kebanyakan air yaa, jadi kenali beras masing-masing. Kan ada yang butuh air banyak saat dimasak dan ada juga yang airnya butuh sedikit aja karena udah pulen banget. Nasi daun jeruk ini tekstur nasinya enaknya itu tetep terpisah bulirnya, tapi tetep pulen. Silakan yaa disesuaikan sama karakter beras masing-masing, hehe. Kebetulan beras saya versi yang ga butuh banyak air, jadi saya tuang airnya ga banyak-banyak dan alhamdulillah pas. Kalo kebanyakan air nanti jadi terlalu lembek, kurang enak nanti.

Waktu itu nasi daun jeruk ini dimakan bareng sambel cumi kacang panjang dan kerupuk. Masya Allah, nikmat mana yang kau dustakan, itu tutup rice cooker digembok aja biar pada ga khilaf nambah nasi ;p Pokoknya ga akan nyesel deh mempraktekkan resep nasi daun jeruk ini. Dijamin semua suka, dipakein lauk telur ceplok atau telur dadar dan sambel sama lalapan aja udah enak. Apalagi kalo ditambah tempe dan tahu goreng, hahaha kok jadi banyak yaa pendampingnyaaa. Jangan lupa dicoba yah!

Bahan

  • 2 ½ cup beras (jumlahnya tergantung dengan kebutuhan masing-masing yaa)
  • 1 helai daun pandan, potong menjadi lebih kecil/ikat simpul
  • 2 lembar daun salam
  • 1 buah serai ukuran besar, ambil bagian putihnya dan memarkan
  • 2 ruas lengkuas, memarkan
  • 10-15 daun jeruk, buang tulangnya dan iris tipis
  • 65 ml santan instan
  • 1 sdt garam (atau sesuai selera)
  • Air secukupnya untuk memasak nasi seperti biasa (hasil nasi jangan lembek, pulen tapi tetap terpisah bulirnya)

Cara membuat

  1. Masukkan semua bahan nasi uduk jadi satu di dalam rice cooker, aduk rata
  2. Tuang air secukupnya seperti memasak nasi biasanya (hasil nasi daun jeruk yang pas adalah nasinya pulen tapi tidak lembek, bulir nasinya masih terpisah satu sama lain)
  3. Masak nasi seperti biasa (bisa menggunakan rice cooker atau panci, kali ini saya menggunakan rice cooker)