Setelah berkali-kali buat dan mencoba berbagai resep, akhirnya berlabuh juga dengan resep nagasari loyang versi Ny.Liem. So far resep ini yang paling pas untuk saya, rasa manisnya pas. Saya buat versi loyang supaya lebih praktis. Mengingat kemampuan saya dalam lipat melipat dan bungkus membungkus daun pisang ga upgrade-upgrade juga, ada baiknya langsung diputuskan yang pasti-pasti ajaaa, hahaha

Biarpun pakai loyang saya coba alasin loyangnya pakai daun pisang biar tetep ada bau-bau daun pisang. Sungguh cerdas bukaaaan, hahhaha. Kita pilih cara curang ajaa, setelah loyang dialasi daun, saat dikukus juga atasnya saya tutupi dengan daun pisang. Hasilnya, rasanya enak, kenyal empuknya pas, dan wangi-wangi daun pisang tetap ada.

Sudah jatuh cinta sekaliii dengan rasa dan cara dari resep nagasari loyang inii. Dengan cara yang dimodifikasi lebih mudah ini semoga kita bisa lebih sering praktek bikin cemilan kue tradisional yaa. Kadang kita udah kebayang duluan sama keribetan prosesnya, tapi ternyata ga sesulit itu lhoo.

Baca juga: Resep Cantik Manis

Banyak sekali yang bisa kita eksplor dari kue dan masakan nusantara. Ga akan habis-habis, saking kaya dan beragamnya masakan Indonesia. Semoga saya juga bisa lebih eksplor dan bisa share lebih banyak makanan asli Indonesia.

Bahan:

  • 200 gr tepung beras
  • 100 gr tapioka
  • 800 ml santan kekentalan sedang
  • 2 sdt garam
  • ½ sdt vanili
  • 130gr gula pasir
  • 3 buah pisang tanduk, kukus, dan iris-iris ketika sudah dingin
  • 2 helai daun pandan

Cara Membuat:

  1. Campur tepung beras, tapioka, garam, gula, dan vanili bubuk.
  2. Tuang santan sedikit-sedikit hingga semua tercampur rata. Adonan licin dan gula larut. Gunakan whisker agar mengaduknya lebih mudah
  3. Panaskan kukusan, beri daun pandan di air kukusannya
  4. Siapkan loyang uk 20×20 alasi dengan daun pisang
  5. Tata pisang di dasar Loyang, tuang dengan adonan teung hingga pisang sedikit tertutup (jangan tertutup full karena pisang bisa menapung dan letaknya menjadi tidak beraturan)
  6. Kukus selama 7 menit, ulangi prosesnya hingga semua pisang dan adonan habis.
  7. Terakhir kukus kembali sekitar 20 menit